Senin, 16 Mei 2016

Skripsi Pengertian Pendapatan Asli Daerah (PAD)


Definisi pendapatan menurut IASC (international Accounting Standards Committee) framework adalah “Penambahan dalam manfaat ekonomi selama periode akuntansi dalam bentuk arus masuk, atau peningkatan aset/aktiva, atau pengurangan hutang kewajiban yang mengakibatkan penambahan ekuitas dana (Halim, 2002 ).

Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah semua penerimaan daerah yang berasal dari sumber ekonomi asli daerah. Pendapatan Asli Daerah merupakan akumulasi dari pos pajak daerah dan retribusi daerah, pos penerimaan non pajak yang berisi hasil perusahaan milik daerah, pos penerimaan investasi serta pengelolaan sumber daya alam.  Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pendapatan asli daerah merupakan semua penerimaan yang berasal dari sumber ekonomi daerah yang digunakan untuk membiayai keperluan daerah dalam pelaksanaan roda pemerintahan (Halim, 2002).
Menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Pendapatan Asli Daerah merupakan semua hak daerah yang diakui sebagai penambah nilai kekayaan bersih dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan. Klasifikasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Perusahaan Milik Daerah, dan Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah Lainnya yang Dipisahkan, dan Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang Sah. Pengelolaan PAD meliputi pengidentifikasian atau pendataan sumbersumber pendapatan, penetapan target pendapatan, proses penerimaan yang menyangkut transaksi penerimaan dan pengeluaran kas, pencatatan dan penggolongan, penyetoran serta pengelolaan pelaporan PAD, yang terdiri dari laporan penerimaan dan pengeluaran kas dan laporan target dan realisasi PAD.


1 komentar:

  1. T-Bone: The Best Titanium Glass Glasses
    T-Bone titanium ore - the best titanium glasses The glass is a glass made omega titanium by grinding organic glass spheres into two solid titanium flashlight pieces. The titanium hair dye craftsmanship titanium piercings

    BalasHapus